Doni

Doni Indraputra

Senin, 28 Maret 2011

Sejarah Dan Perkembangan STMIK AMIKOM YK


Berawal dari keluhan beberapa pengusaha yang menyatakan bahwa mencari tenga kerja Profesional di bidang Teknologi Informasi sulit, maka pendiri yayasan ini berkeinginan untuk menjawab kesulitan yg di alami pengusaha dalam mencari tenaga ahli bidang informatika sehingga di dirikanlah Yayasan AMIKOM YOGYAKARTA. Untuk pertama kalinya yayasan ini berkantor pusat di Jl.wolter Monginsidi No.8 Yogyakarta. Nama pendirinya adalah Mohammad Suyanto dan Purdi E.Chandra.
Pada tahun pertama jumlah mahasiswa yang di terima sejumlah 44 orang pada jurusan manajemen informatika. Setahun kemudia AMIKOM mendapatkan status terdaftar berdasarkan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 084/D/0/1994. Untuk saat ini semua program studi sudah terakreditasi.
Seiring dengan bertambahnya mahasiswa AMIKOM menggunakan dua lokasi kampus, kampus I di jalan Wolter Monginsidi dan kampus II di terletak di jalan kaliurang Yogyakarta. Beberapa ruangan di bangun di lokasi baru untuk menampung kegiatan perkuliahan dan praktikum serta perpustakaan. Pada tahun akademik 1998 dimana mahasiswa baru mencapai hampir 800 orang, dan gedung yang saat itu di pakai sudah tidak lagi dapat memuat jumlah mahasiswa yang ada. Maka sejak tahun akademik 1998/1999 AMIKOM menyewa bangunan ruko dan di ubah menjadi kampus terpadu di ring road utara, Condong catur dgn 9 ruang kuliah, 1 pelayanan akademik, 1 ruang perpustakaan dari gedung sebanyak dua lantai (semua pelayanan akademik telah di pindahkan di kampus terpadu ini, kecuali pelayanan beberapa lab computer dan internet yg masih terdapat di kampus 2 Jakal).
Oleh karena kepercayaan calon mahasiswa dan orang tuanya terhadap AMIKOM yg semakin tinggi di buktikan dengan jumlah pendaftar yg naik secara fantastis dari tahun ke tahun maka pihak lembaga kiranya merasa perlu untuk membangun gedung kampus yg lebih besar. Ada dua alternatif yg menjadi pilihan yaitu membangun di lokasi tanah yg di miliki AMIKOM di Ring road barat dengan resiko memindahkan seluruh kegiatan perkuliahan ke lokasi baru saat gedung kuliah sudah di bangun, atau membeli tanah di sekitar kampus terpadu dan membangun kampus baru di lokasi yg sama sehingga tdk perlu memindahkan kegiatan perkuliahan.
Akhirnya berkat doa seluruh mahasiswa AMIKOM berhasil mendapatkan tanah dan membangun gedung milik sendiri di lokasi tepat di samping gedung kampus terpadu. Gedung perkuliahan yg resmi mulai di tempati dan di gunakan untuk perkuliahan pada tahun akademik 2001/2002 terdiri dari 3 lantai yg di pakai sebagai pusat administrasi, ruang kuliah dan laboratorium.
Tahun akademik 2003/2004 semua kegiatan lembaga di pindahkan ke gedung I dan II Kamus Terpadu, dan pada bulan mei 2004 di mulai pembangunan gedung unit III yang salah satu lantainya di fungsikan sebagai masjid. Tahun 2007 telah di bangun gedung unit IV dan pada tahun 2010 ini telah di mulai pembangunan gedung unit V tepat di belakang gedung unit IV.
Saat ini STMIK AMIKOM mengelola 3 program pendidikan yaitu program Diploma-3, Program Strata-1 dan program Pascasarjana yg di bagi dalam 5 jurusan dengan 5 program studi dan beberapa konsentrasi peminatan studi di masing masing program studi.
Visi STMIK AMIKOM Yogyakarta adalah menjadi perguruan tinggi kelas dunia di bidang teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis Entrepreneurship.
Saat ini STMIK AMIKOM Yogyakarta sudah memiliki 8 Prestasi Dunia yang diantaranya sebagai berikut:
Ø (4) ASIA PACIFIC INFORMATION AND COMUNICATION TECHNOLOGY AWARD
- Teritary student project
- Research and development
- Education and training
Ø (2) APEC DIGITAL OPORTUNITY CENTER (ADOC) AWARD
- The best e-practices
Ø (1) ASEAN DEVELOPMENT CITRA AWARD
- Entrepreneurship
Ø (1) URBANIMATION INTERNATIONAL AWARD
- Animation film

sumber: buku panduan mahasiswa Stmik Amikom 2010/2011 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar